BELAJAR TENTANG GOOGLE ADWORDS


Google Adwords Merupakan periklanan yang dibuat oleh Google terdiri dari Search Engine Marketing(SEM), Google Display Network(GDN), & Youtube Ads”
Pada tulisan kali ini saya hanya membahas Google Adwords SEM yaitu iklan yang tampil di halaman perioritas Google ditandai dengan logo iklan kuning didalamnya, dengan sistem biaya PPC(pay perklik) dibayar ketika pengguna mengklik Iklan.
Bagaimana dengan definisi diatas, jangan takut dahulu dengan Google Adwords. Yaah memang sih pelafalannya saja sulit? apa lagi cara menggunakannya, lebih baik dengan Agency sajalah yang mengelolanya. hal itu banyak yang saya dengar dari pemilik bisnis dan professional marketing.
Tenang saja, dengan membaca tulisan ini saya jamin Anda dapat membuat kampanye iklan Adwords sendiri tanpa bantuan siapapun, tanpa ikut training, maupun membayar Jasa Google Adwords ke Agen Iklan Adwords.

Kenapa Adwords tidak SEO?

  • Anda dapat mengelola banyak kata kunci (keyword)
  • Website Anda Instan tampil di halaman pertama
  • Penulisan iklan yang menarik dengan tambahan sitelink
  • Lebih tepat sasaran
  • Mendapat statistik market usaha Anda
Point diatas merupakan  alasan mengapa Adwords lebih baik dari SEO. Hanya saja satu kelemahan Adwords. Adwords butuh Investasi. Tetapi tenang saja, biaya Adwords terukur, Anda akan dikenakan biaya ketika pencari menglik Iklan Anda. Oke cukup basa basinya, langsung saja kita akan bertahap mempelajari bagaimana menggunakan Google Adwords.
Untuk menggunakan Google Adwords berarti ada beberapa hal yang harus kita pelajari.
  • Membuat Kampanye Google Adwords
  • Mengelola & mengoptimasi Google Adwords
  • Membuat Goals, Membaca Report & Analisa Google Adwords
Kita akan bahas perlahan. Tulisan ini saya buat sesimple mungkin. tulisan ini lebih baik Dari pada Anda membaca halaman guide satu persatu dari halaman help support Google Adwords.
Siap kita mulai.!

Membuat kampanye Google Adwords

Membuat kampanye Google Adwords merupakan pondasi awal untuk menampilkan iklan di Google Adwords. Kali ini saya menjelaskan membuat Iklan Adwords dengan My Client Centre(MCC) atau kalau di Indonesiakan Pusat Klien Saya(PKS). Sebenarnya MCC digunakan oleh Agency yang mengelola beberapa akun Adwords secara bersamaan atau Anda memiliki Bisnis yang besar yang mengelola campaign Adwordsnya dengan MCC. Maka dari itu saya sharing dengan menggunakan MCC karena kalau Anda bisa menggunakan MCC anda juga dapat menggunakan Adwords Pribadi. Untuk mengetahui detail mengapa Anda harus menggunakan MCC, baca aja nih panduan dari Adwords Support. 
Saran saya Anda mengikuti step-by-step langkah yang diajarkan sambil membaca tulisan ini
1. Sign Up MCC Account
Sebelum membuat kampanye ada harus melakukan signup di MCC. Untuk dapat mengakses dan melakukan pendaftaran di MCC Anda dapat dapat mengklik link google.com/adwords/manager-accounts/
Sign In MCC
Pertama
Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk melengkapi data sebagai manager Account. Yang perlu Anda siapkan sebelumnya ialah :
  • Memiliki Email Google (Gmail atau Mail Bisnis Google )
  • Gmail belum terdaftar di Adwords sebelumnya
Pendaftaran
Kedua
Jika persyaratan email sudah benar dan pengisian data dengan lengkap klik “save and continue” untuk mendapatkan mengaktifkan Account MCC
Yeah.. Congratss..! Anda sudah memiliki MCC Google Adwords. gimana berhasil kan?
Daftar Account

Penjelasan Structure Google Adwords

Sebelum menjelaskan teknik membuat Iklan Google Adwords. Saya sedikit menjelaskan flow stuktur membuat iklan Google Adwords. Anda dapat lihat struktur pada gambar dibawah dan beberapa pengaturan yang kita lakukan disetiap bagiannya. penjelasan dari step-by-stepnya kita akan membuat Account dahulu selanjutnya membuat Campaign dan membuat Adgroup yang berisi Adtext dan Keyword.
Structure Campaign Google Adwords - msh.web.id
 2. Membuat Akun Google Adwords
Create Account
Ketiga
Step ke 2 setelah melakukan SignUp MCC Google Adwords. Iyalah membuat Akun perusahaan. Lihat gambar ini untuk membuat Akun.

Dalam satu akun, Anda dapat membuat banyak Campaign sesuai struktur produk usaha Anda, bisa cek kembali pemahaman Struktur pada gambar diatas.
Selanjutnya kita akan membuat hal yang penting dan memulai membuat iklan Google Adwords, yaitu pada tahampan Campaign (Kampanye).
Buat Campaign
Gimana guys, nudah kan? saya juga belum mencobanya guys, ini tips saya dapat dari teman. Semoga bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

JAHE : Kandungan Kimia dan Manfaatnya

CERES/KRESEN/TALOK : TANAMAN PERDU BERIBU MANFAAT DAN KHASIAT UNTUK KESEHATAN

JADWAL SAMSAT ONLINE DIKOTA SEMARANG