BAWANG MERAH : BUMBU DAPUR MULTIGUNA DAN MULTI MANFAAT



Ladang Bawang Merah




Tentu sebagai Orang Asia Tenggara Anda sudah mengenal baik dengan salahsatu bumbu penyedap masakan ini. Bawang merah dengan nama latin (Allium cepa L) merupakan salahsatu bumbu penyedap yang biasa digunakan oleh banyak orang di daerah asia tenggara. Bawang merah ini biasanya dimanfaatkan sebagai rempah pada masakan yaitu bagian umbinya dijadikan sebagai bawang goreang atau juga daunnya dalam penyedap masakan. Orang jawa biasanya menyebut bawang merah ini dengan nama brambang. Memiliki aroma yang tajam namun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.
Kandungan nutrisi yang ada didalam bawang merah mampu mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit dan masalah kesehatan lainnya. Didalam bawang merah terdapat beberapa kandungan nutrisi diantaranya bawang merah ini memiliki Andti-oksidan, mineral dan juga vitamin. Disamping itu bawang merah memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri dan juga anti-jamur. Kandungan kalori yang terdapat dalam bawang merah juga rendah. Sehingga dengan banyaknya kandungan nutrisi pada bawang merah, salahsatu jenis umbi lapis ini baik untuk dikonsumsi.
Mungkin Anda juga pernah menjumpai kakek atau nenek Anda mengkonsumsi bawang merah, biasanya mereka mengkonsuminya dengan cara langsung dimakan mentah atau diiris terlebih dahulu kemudian dimakan. Seperti halnya dengan bawang putih, bawang merah juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui.

Kandungan Gizi Bawang Merah
Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar :
  • 64 kalori
  • 15 gram karbohidrat
  • 0 gram lemak
  • 0 gram kolesterol
  • 3 gram serat
  • 7 gram gula
  • 2 gram protein dan 10%
  • Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan
  • Memiliki sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor dan kalium antioksidan quercetin dan sulfur.
Tingginya kandungan gizi ini membuat bawang merah tidak kalah baiknya dengan bawang putih yang sama sama sangat ampuh menangkal penyakit berbahaya dan menjaga kesehatan tubuh.
Manfaat bawang merah dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu :
  • Bagi kesehatan tubuh
  • dan media pengobatan
·         Cara Memilih dan Menyimpan Bawang merah
·         Bawang merah yang baik dikonsumsi, harus bersih, keras dan memiliki kulit kering. Hindari bawang yang menunjukkan tanda-tanda pembusukan. Bawang harus disimpan pada suhu kamar, jauh dari cahaya terang dan di tempat yang berventilasi baik. Semua jenis bawang harus disimpan jauh dari kentang, karena mereka akan menyerap kelembaban gas kentang dan menyebabkan manfaat kentang menjadi lebih mudah rusak.
·         Bawang yang memiliki rasa lebih tajam, akan bertahan lebih lama dibandingkan dengan bawang yang lebih manis seperti bawang putih, karena senyawa yang menghasilkan rasa yang tajam tersebut adalah pengawet alami juga.
·         Jangan menyimpan bawang yang ingin dimasak, dalam mangkuk atau wadah berbahan logam karena hal ini akan menyebabkan bawang berubah warna. Pembekuan bawang cincang akan menyebabkan bawang kehilangan banyak rasa. Penggunaan bawang merah pada masakan memang sangat erat disandingkan dengan rekannya yaitu manfaat bawang putih.
Bawang Merah

 

Manfaat dan Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan

1.)    Menurunkan Gula Darah
Ada beberapa nutrisi yang terkadnung dalam bawang merah, seperti antivirus, anti-bakteri dan anti jamur. Selain itu bawang merah juga memiliki kandungan anti-oksidan, beberapa mineral dan juga vitamin. Khasiat bawang merah juga salahsatunya adalah dapat menrunkan kadar gula darah yang ada pada tubuh penderita diabetes. Dari salah satu zat yang terkandung di dalam bawang merah ini adalah Tolbutomid yang ternyata bisa membantu untuk mengontrol gula darah di dalam hati. dan mengatur pelepasan insulin juga mencegah adanya gangguan yang mempengaruhi produksi insulin di dalam tubuh.
2.) Mengurangi Kolesterol
Didalam bawang merah juga terkandung Allicin yang memiliki manfaat sebagai penurun Kolesterol yang ada didalam tubuh. Tekanan darah tinggi dapat dibantu diturunkan dengan menggunakan bawang merah ini, selain itu mungkin bagi Anda yang sedang melakukan diat bisa mengkonsumsi tambahan menu bawang merah ini karena bawang merah hanya mengandung sedikit kalori.
3.) Menymbuhkan Sembelit
Didalam pencernaan mungkin saja ada racun atau makanan dengan partikel keras yang terjebak didalamnya, bawang merah bisa mengatasi hal seperti ini. Anda bisa mengkonsumsi bawang merah, jika Anda merasakan sakit sembelit.
4.) Melindungi Jantung
Selain manfaat bawang merah yang dapat mengontrol kolesterol tubuh, dengan mengkonsumsi bawang merah Anda bisa melindungi jantung Anda dari resiko Penyakit Jantung. Disamping iut juga dapat membuka arteri yang tersumbat dalam tubuh.
5.) Mencegah Kanker
Bawang merah juga mengandung vitamin salahsatunya vitamin A, yang memiliki manfaat sebagai pencegahan perkembangan kanker ronggam mulut. Selain itu bawang merah juga dapat mencegah terjadinya kanker hati dan menghancurkan sel-sel kanker yang ada. Disamping itu bawang merah juga dapat membantu dalam mengatasi kemungkinan terjadinya kanker perut.
6.) Mengatasi Sengatan Serangga
Sengatan Serangga biasanya menyebabkan rasa sakit atau gatal, ternyata bawang merah juga bisa mengatasi hal-hal tersebut seperti bekas gigitan nyamuk, sengatan tawon, lebah dan serangga lainnya selain itu dapat meredakan rasa sakit yang ditimbulkan dari sengatan tersebut
7.) Menjaga Kekebalan Tubuh
Dengan menggunakan madu dengan jus dari bawang merah sekitar satu sendok teh kemudian dikonsumsi dengan teratur, bisa mengatasi berbagau penyakit pilek, sakitpada tenggorokan, influenza, pilek bahkan bronkhitis. Selain itu bisa juga mencairkan dahak pada tenggorokan Anda.
8.) Kesehatan Rambut
Selain untuk tubuh, bawang merah juga bisa bermanfaat untuk kesehatan rambut dan mengatasi masalah pada kepala Anda seperi ketombe. Caranya bisa menggunakan jsu bawang merah yang digunakan setiap hari secara teratur dalam waktu tertentu sehingga rambut Anda dapat tumbuh dengan sehat dan juga dapat mengatasi ketombe pada kepada Anda.
9.) Memperlambat Pikun
Khasiat Bawang Merah lainnya didapatkan dari bawang merah yaitu dapat membantu dalam mengefktifkan kinerja otak dan bermanfaat bagi pencerita alzheimer, selain itu jika persentasi resiko osteoporosis pada seseorang dapat dikurangi sekitar 20% dengan menggunakan bawang merah, selain itu dapat membuat kulit Anda lebih cantik.
10.) Mengobati Jerawat
Beberapa sifat yang dimiliki oleh bawang merah adalah anti-inflamasi dan juga anti-bakteri yang berkhasiat dalam mengatasi jerawat Anda. Dengan menggunakan bawang merah Anda bisa menghentikan timbulnya peradangan pada bagian jerawat Anda, selain itu dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat dan dapat menyembuhkan bekas jerawat pada kulit Anda.
Tanaman Bawang Merah

Selain manfaat diatas, bawang merah juga bermanfaat antara lain :
1.         Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk Mengurangi Earache : Beberapa Tetes Jus bawang merah ini Benar-benar Telah terbukti dan sangat bermanfaat bagi individu yang menderita dari akut sakit telinga, Dan suara dering pada telinga dapat di sembuhkan dengan mererapkan Jus bawang merah melalui kapas.
2.         Seperti yang telah kita ketahui Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah untuk mengobati berbagai penyakit manusia Seperti, Tumor, Batuk persisten dan dingin, Praktisi pengobatan telah menganggap bahwa ini sebagai bentuk tanaman yang sangat sempurna untuk menghilangkan Sindrom penyakit. Dengan mengkomsumsi bawang merah tersebut dapat membantu dalam pencegahan perut dan kanker payudara.
3.         Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk Meredakan sakit Perut : Bawang merah memiliki sifat anti inflamasi Dan anti bakteri yang memberikan bantuan untuk sakit perut dan sidrom gastro yang terkait.
4.         Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk Mengobati Gangguan Urin : Bagi Orangorang yang menderita rasa terbakar pada saat membuang air kecil, Bawang merah dapat memberikan bantuan yang cukup besar. Nah bagi si penderita gangguan Urin tersebut harus meminum air bawang merah dengan merebus 6 sampai 7 gram bawang merah tersebut.
5.         Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk manfaat sebagai pengganti amoniak : Aroma, Bau yang di miliki pada bawang merah sangatlah terasa menusuk kedalam hidung, dan meransang darah, fungsi pernafasan, juga fungsi saraf. Hal seperti ini dapat membantu dalam pemberian pertolongan pertama pada seseorang yang tidak sadar diri atau pingsan.
6.         Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk Wasir dan obat cacing
7.         Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk mencegah terjadinya gumpalan darah : caranya seerti, dengan memperbanyak mengkomsumsi bawang merah yang mentah secara rutin.
8.         Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk sebagai pembunuh bakteri.
9.         Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk mengencerkan dahak dan membantu dalam menyembuhkan radang Paru-paru.
10.     Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk mencegah terserang penyakit TBC.
11.     Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk membantu pada ketika anda susah buang air kecil.
12.     Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk mengobati penyakit jantung.
13.     Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk membantu meningkatkan gairah
14.     Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk menghilangkan adanya mata ikan pada kaki.
15.     Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk membunuh kuman di mulut : Bawang merah ini ternyata sering di gunakan untuk mencegah adanya kerusakan pada gigi dan infeksi di mulut, Caranya seperti dengan mengunyah bawang merah mentah mentah, Maka akan menghilangkan seluruh kuman yang ada di dalam mulut.
16.     Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk mengobati jerawat pada wajah : Jus yang terbuat dari bawang merah, Madu dan minyak zaitun ternyata dapat membantu dalam pengobatan dan peratan jerawat.
17.     Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk mengobati luka akibat sengatan serangga : Nah bukan hanya untuk mengobati jerawat saja Jus bawang merah ternyata juga bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit yang di sebabkan oleh sengatan serangga seperti, Lebah, Kalajengking, Justru, bawang merah yang telah menjadi jus atau pasta dapat diaplikasikan pada daerah yang tersengat atau di gigit oleh serangga, dan rasa sakit akan beransur-ansur hilang.
Bawang Merah

Resiko Kesehatan dari Bawang Merah

Meskipun tidak sangat serius, makan bawang dapat menyebabkan masalah bagi sebagian orang. Karbohidrat dalam bawang dapat menyebabkan gas dan kembung, menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse. Bawang, terutama jika dikonsumsi mentah, dapat memperburuk mulas pada orang yang menderita sakit maag kronis atau penyakit refluks lambung, menurut salah satu studi 1990 di American Journal of Gastroenterology.
Mengkonsumsi sejumlah bawang atau meningkatkan konsumsi bawang dapat mengganggu dengan obat pengencer darah, menurut University of Georgia. Bawang hijau mengandung jumlah vitamin K yang tinggi, yang dapat menurunkan fungsi darah.
Bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi makanan atau alergi terhadap bawang, tetapi kasus-kasus yang jarang terjadi, menurut sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology. Orang yang mengalami alergi bawang merah mungkin mengalami kemerahan, mata gatal dan ruam jika bawang merah bersentuhan dengan kulit. Orang dengan intoleransi terhadap bawang merah mungkin mengalami mual, muntah dan ketidaknyamanan lambung lainnya.


Comments

Popular posts from this blog

JAHE : Kandungan Kimia dan Manfaatnya

CERES/KRESEN/TALOK : TANAMAN PERDU BERIBU MANFAAT DAN KHASIAT UNTUK KESEHATAN

JADWAL SAMSAT ONLINE DIKOTA SEMARANG