BAWANG PUTIH : MANFAAT DAN KHASIATNYA BAGI KESEHATAN



    
Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang mempunyai banyak manfaat untuk manusia. Baik itu manfaat dalam hal kuliner sebagai bumbu dan penyedap citarasa masakan juga bermanfaat sebagai bahan obat yang berguna untuk mengobati maupun menjaga kesehatan tubuh manusia.
Bawang putih merupakan salah satu herbal yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan di butuhkan oleh tubuh. Bawang putih sangat tinggi kandungan vitamin C dan Kalsium serta zat besi.selain zat-zat tersebut, didalam bawah putih juga banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat. Berikut adalah ringkasan dari nutrisi yang terkaandung oleh bawang putih per 136 Gr bawang putih:
  • Vitamin C; Memenuhi 71 % kebutuhan harian
  • Kalsium; Memenuhi 25 % kebutuhan harian
  • Besi; Memenuhi 13 % kebutuhan harian
  • Karbohidrat (45 gr); 15 % kebutuhan harian
  • Serat (3 g); memenuhi 11 % kebutuhan harian.
Nutrisi yang terdapat dalam kandungan bawang putih ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, namun uniknya ia tidak mengandung zat atau nutrisi yang mungkin berbahaya bagi tubuh jika terlalu besar seperti lemak jenuh dan kalori. Herbal ini dipastikan dapat membantu menunjang kesehatan tubuh dan menjadikan kita bebas dari berbagai penyakit berbahaya.
Bawang Putih Kupas

 

Kegunaan Bawang Putih Untuk Kesehatan

1. Antibakteri dan Antivirus
Bawang putih sangat dikenal dengan kandungan antibakteri dan antivirus yang dimilikinya. Bawang putih membantu mengontrol virus, jamur, ragi dan infeksi cacing. Bawang putih segar dianggap dapat mencegah keracunan makanan dengan membunuh bacteria seperti E. coli, Salmonella enteritidis, dll.
2. Menyembuhkan Infeksi Kulit
Bahan kimia ajoene yang ditemukan pada bawang putih dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit akibat jamur seperti kurap dan jamur.
3. Mengentalkan Darah
Fungsi anti-pembekuan darah yang dimiliki oleh ajoene membantu mencegah pembentukan darah beku pada tubuh. Pembekuan darah dapat meningkatkan risiko pendarahan setelah operasi.
4. Mengurangi Tekanan Darah
Salah satu khasiat bawang putih yang cukup penting adalah membantu menurunkan tekanan darah. Angiotensin II adalah protein yang membantu pembuluh darah berkontraksi sehingga meningkatkan tekanan darah. Allicin yang terkandung dalam bawang putih memblokir aktivitas angiotensin II dan membantu mengurangi tekanan darah. Kandungan polisulfida pada bawang putih diubah menjadi gas yang disebut hydrogen sulfide oleh sel darah merah. Hydrogen sulfide memperbesar pembuluh darah dan membantu mengontrol tekanan darah.
5. Melindungi Jantung
Bawang putih melindungi jantung kita dari penyakit seperti serangan jantung dan atherosclerosis. Khasiat perlindungan jantung ini dapat memberikan kontribusi pada banyak hal. Seiring dengan pertambahan usia, pembuluh arteri cenderung kehilangan kemampuan untuk meregang. Bawang putih membantu mencegah hal ini dan juga melindungi jantung dari efek merusak radikal bebas. Kandungan sulfur bawang putih juga mencegah penyumbatan pembuluh darah dan memperlambat atherosclerosis (mengerasnya pembuluh arteri). Khasiat anti pembekuan darah yang dimiliki oleh ajoene membantu mencegah terbentuknya darah beku dalam pembuluh darah.
6. Mengurangi Kolesterol
Khasiat bawang putih yang lain adalah mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol serta mengurangi pembentukan plak pada arteri.
7. Melawan Alergi
Bawang putih dikenal memiliki khasiat anti-inflamasi yang membantu tubuh melawan alergi. Kandungan anti-arthritic bawang putih berasal dari diallylsulphide dan thiacremonone. Bawang putih terbukti mengurangi alergi. Jus bawang putih mentah dapat digunakan untuk menyembuhkan gatal-gatal dengan cepat akibat ruam dan gigitan serangga.
8. Mencegah Demensia dan Penyakit Alzheimer
Koq bisa bawang putih sampai pada mencegah penyakit syaraf seperti demensia dan alzheimer ini ? Kerusakan syaraf atau oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas sangat berperan pada proses penuaan dini. Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.
Suplemen bawang putih telah terbukti untuk meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, serta secara signifikan mengurangi stres oksidatif pada pasien dengan tekanan darah tinggi.
Manfaat gabungan seperti pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan, dapat membantu mencegah penyakit otak umum seperti penyakit Alzheimer dan demensia.
9. Mengobati Masalah Pernafasan
Mengkonsumsi bawang putih setiap hari dapat mengurangi frekuensi dan jumlah demam. Kandungan antibakteri bawang putih membantu mengobati radang tenggorokan. Bawang putih juga membantu infeksi saluran pernafasan. Khasiat yang diberikan bawang putih dalam menyembuhkan masalah paru-paru seperti asma, masalah pernafasan, dll, menjadikan bawang putih sebagai obat yang sangat berharga. Khasiat bawang putih dalam ekspektorasi menjadikannya sebagai unsur yang tak tergantikan dalam pengobatan bronchitis kronis.
10. Diabetes
Bawang putih juga memiliki khasiat meningkatkan pelepasan insulin dan meregulasi tingkat gula darah pada diabetes.
11. Efektif Dalam Mengatasi Kutil dan Bisul
Mengoleskan ekstrak bawang putih pada bisul dan kutil pada kaki atau tangan dapat membantu mengobatinya.
12. Pencegahan Kanker
Luar biasa, setidaknya itulah reaksi yang ditemukan oleh para peneliti ketika meneliti khasiat bawang putih untuk penyakit paling berbahaya kanker. Bawang putih layak disebut sebagai herbal/tanaman anti kanker, kandungan sulfida alil terdapat dalam bawang putih yang menyebabkannya sebagai herbal anti kanker.
Salah satu bukti nyata yang ditemukan para peneliti adalah kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina heterosiklik (HCA) yang merupakan zat yang dapat memicu kanker payudara bagi perempuan. Dari berbagai penelitian yang dilakukan zat diallyl sulfida yang terdapat dalam bawang putih menghambat pertumbuhan dan transformasi PhIP menjadi karsinogen yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker payudara.
Bawang Putih
Namun perlu anda ingat bahwa bawang putih memiliki zat anti kanker yang efektif untuk mencegah pertumbuhan sel dari berbagai jenis kanker yang berbahaya bagi anda.
13. Meningkatkan Metabolisme Zat Besi
Ferroportin merupakan protein yang membantu penyerapan dan pelepasan zat besi. Diallylsulphides yang terkandung dalam bawang putih meningkatkan produksi ferroportin dan membantu meningkatkan metabolism zat besi.
14. Meningkatkan Gairah
Kandungan aphrodisiac bawang putih memiliki khasiat untuk meningkatkan sirkulasi.
15. Ingin Umur Panjang? Bawang Putih Solusinya
Umur memang rahasia Tuhan, namun dengan segudang manfaat bawang putih yang kita bahas tidak ada salahnya bahwa konsumsi bawang putih secara rutin dapat membantu meningkatkan umur agar panjang dan awet. Berikut beberapa pertimbangannya.
  • Menghindari kanker, pembunuh utama di dunia
  • Menghindari penyakit jantung dengan kemampuan memangkas LDL dalam darah.
  • Mengurangi tekanan darah tinggi
  • Anti oksidan + Anti Bakteri + Anti Virus
Ke empat dari fungsi di atas merupakan salah satu faktor menunjang untuk hidup awet muda dan panjang umur. Terhindar dari berbagai penyakit berbahaya dan anti oksidan serta anti bakteri merupakan kunci hidup sehat bahagia.
16. Bawang Putih Efektif Untuk Kecantikan Kulit
Tidak hanya kesehatan yang ditopang oleh bawang putih, seperti halnya manfaat mentimun, bawang putih juga memberikan manfaat sangat baik untuk kecantikan kulit.
  1. Membersihkan komedo. Komedo sering muncul didaerah hidung dan menggangu penampilan. Cukup haluskan bawang putih, lalu oleskan pada daerah yang dihinggapi komedo.
  2. Menghilangkan noda bekas luka. Bekas luka terkadang membuat kurangnya rasa percaya diri bagi yang memlikinya. Manfaat bawang putih, memberikan sifat anti radang yang mampu membersihkan sisa luka pada kulit. Oleskan bawang putih pada bagian noda luka tersebut.
Obat jerawat. Satu siung bawang putih yang dihaluskan lalu balurkan pada permukaan kulit yang terdapat jerawat, kemudian diamkan 10 menit atau gunakan saat sebelum tidur. Keesokan harinya, jerawat akan mengempes dan lebih kecil, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.
17. Sakit Gigi
Hanya dengan mengaplikasikan bawang putih yang ditumbuk pada gigi yang sakit dapat membantu mengurangi rasa sakit karena kandungan antibakteri dan analgesic dari bawang putih. Namun ingatlah bahwa bawang putih dapat merusak gusi.
18. Mengurangi Berat Badan
Banyak ilmuwan yang percaya bahwa obesitas merupakan keadaan inflamasi tingkat rendah jangka panjang yang terjadi. Berdasarkan penelitian terkini, bawang putih dapat membantu meregulasi susunan sel lemak pada tubuh. Pra-adipocytes dikonversi menjadi sel lemak (adipocytes) melalui aktivitas sistem inflamasi. Kandungan anti-inflammatori 1, 2-DT (1, 2-vinyldithiin) yang ditemukan pada bawang putih membantu mencegah konversi ini terjadi. Hal inilah yang membantu mencegah bertambahnya berat badan.

Demikian tentang beberapa macam manfaat dan kegunaan dari bumbu dapur yang bernama bawang putih. Bunbu dapur yang sering kita temui dan berbentuk kecil tapi bermanfaat banyak untuk kesehatan dan pengobatan.
Kembali Sehat, Kembali Ke Alam

Comments

Popular posts from this blog

JAHE : Kandungan Kimia dan Manfaatnya

CERES/KRESEN/TALOK : TANAMAN PERDU BERIBU MANFAAT DAN KHASIAT UNTUK KESEHATAN

JADWAL SAMSAT ONLINE DIKOTA SEMARANG