DAUN SALAM : BUMBU DAPUR DENGAN BANYAK MANFAATNYA



Pohon Salam

Salam (Syzygium polyanthum (Wight.) Walp.), daunnya digunakan sebagai rempah dalam masakan. Daun salam ini memberikan aroma yang khas namun tidak keras. Kayunya berwarna coklat jingga kemerahan dan berkualitas menengah dandapat dipergunakan sebagai bahan bangunan dan perabot rumah tangga. Kulit batang salam mengandung tanin, kerap dimanfaatkan untuk mewarnai dan mengawetkan jala, bahan anyaman dari bambu dan lain-lain. Pohon salam tumbuh tersebar di Asia Tenggara, mulai dari Burma, Indochina, Semenanjung Malaya, Kalimantan dan Jawa. Di samping itu, salam ditanam di kebun-kebun pekarangan dan lahan-lahan lain, terutama untuk diambil daunnya (Agoes, 2010).

Sistematika Tumbuhan
Kingdom : Plantae
Divisio : Spermatophyta
Kelas : Dicotyledoneae
Anak kelas : Dialypetalae
Ordo : Myrtales
Famili : Myrtaceae
Genus : Syzygium
Spesies : Syzygium polyanthum (Wight.) Walp. (Tjitrosoepomo, 1991)

Nama Lain
Selain nama resmi, daun salam memiliki nama lain yaitu:
a. nama daerah: Maselangan, ubar serai (Sumatera), Manting (Jawa), gowok (Sunda)
b. nama asing: Samak, kelat samak, serah (Malaysia), Duo hua pu tao (Tionghoa),
bay leaf (Inggris)

Morfologi Tumbuhan
Pohon salam bertajuk rimbun dan memiliki tinggi sampai 25 m. Daun bila diremas berbau harum, berbentuk lonjong sampai elips atau bundar telur sungsang, pangkal lancip sedangkan ujung lancip sampai tumpul, panjang 5 cm sampai 15 cm, lebar 35 mm sampai 65 mm; terdapat 6 sampai 10 urat daun lateral, panjang tangkai daun 5 mm sampai 12 mm. Perbungaan berupa malai, keluar dari ranting, berbau harum. Bila musim berbunga pohon akan dipenuhi oleh bunga-bunganya. Kelopak bunga berbentuk cangkir yang lebar, ukuran lebih kurang 1 mm. Mahkota bunga berwarna putih, panjang 2,5 mm sampai 3,5 mm. Benang sari terbagi dalam 4 kelompok, panjang lebih kurang 3mm berwarna kuning lembayung. Buah buni, berwarna merah gelap, bentuk bulat dengan garis tengah 8 mm sampai 9 mm, pada bagian tepi berakar lembaga yang sangat pendek (Ditjen POM, 1980).
Pohon Salam

Sifat dan Khasiat Tumbuhan
Daun salam memiliki sifat rasa kelat, wangi, astringen dan memperbaiki sirkulasi (Hariana, 2011). Khasiat daun salam adalah untuk mengatasi asam urat, kencing manis, menurunkan kadar kolesterol, melancarkan pembuluh darah, radang lambung, diare, mabuk alkohol dan gatal-gatal (Agoes, 2010).

Kandungan Kimia
Kandungan kimia yang terdapat pada daun salam adalah tannin, flavonoid, minyak atsiri, sitral, eugenol, seskuiterpen, triterpenoid, fenol, steroid, lakton, saponin, dan karbohidrat. Selain itu daun salam juga mengandung beberapa vitamin, di antaranya vitamin C, vitamin A, thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6, vitamin B12, dan folat. Bahkan mineral seperti selenium terdapat di dalam kandungan daun salam (Hariana)

Manfaat Daun Salam
1. Daun salam untuk kesehatan pencernaan
Daun salam dipercaya dapat mengobati diare dan gangguan dalam system pencernaan. Adanya enzim di dalam daun salam yang membantu memperbaiki kerusakan pada system pencernaan. Apabila Anda mengalami hal tersebut, saya sarankan untuk mengkonsumsi air rebusan daun salam atau teh dari daun salam. Cara membuat ramuan tersebut cukup mudah, pertama – tama siapkan 15 gram daun salam, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya rebus dengan satu gelas air selam lebih kurang 15 atau sampai mendidih. Jangan lupa tambahkan sedikit garam dan saring air rebusan daun salam tersebut. Minum dalam keadaan masih hangat atau bisa juga dalam keadaan dingin.
2. Daun salam untuk hipertensi
Manfaat lain dari daun salam yaitu dapat menurunkan hipertensi. Manfaat daun salam untuk hipertensi bisa dirasakan jika Anda meminum air rebusan daun salam rutin setiap hari. Kandungan mineral yang ada pada daun salam membuat peredaran darah semakin lancar dan juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Cara mengolah ramuannya cukup mudah dengan merebus daun salam sebanyak 10 lembar yang sudah dicuci bersih, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa satu gelas. Saring dan minum air rebusan tersebut secara rutin setiap harinya. Anda bisa mencampur daun salam dengan daun sambiloto agar khasiatnya lebih manjur.
3. Daun salam untuk asam urat
Asam urat merupakan penyakit persendian yang dapat menyerang siapa saja, terutama orang yang sudah lanjut usia. Untuk mengatasi asam urat, Anda bisa menggunakan daun salam. Manfaat daun salam untuk asam urat dapat menurunkan kadar asam urat pada sendi dan juga meringankan rasa sakit. Bagi Anda yang menderita penyakit asam urat, mengkonsumsi air rebusan daun salam dapat mengatasi penyakit asam urat. Cara membuat ramuannya cukup mudah. Caranya, cuci bersih daun salam 10 lembar, lalu rebus dengan 3 ½ gelas air sampai didapatkan satu gelas saja. Saring dan minum air ramuan tersebut selagi masih hangat.
4. Daun salam untuk mata
Air rebusan daun salam dapat juga dimanfaatkan untuk mengobati sakit mata dan menjaga kesehatan mata. Cara mengobati sakit mata dengan daun salam sangat mudah, yakni air rebusan daun salam diusapkan pada mata yang sakit secara rutin setiap hari sampai sembuh.
5. Daun salam untuk Kolesterol
Kolesterol memang sangat baik untuk tubuh, namun jika terlalu banyak tentunya menjadi tidak baik. Untuk mengatasi kolesterol jahat pada tubuh, Anda bisa menggunakan cara alami dengan daun salam. Manfaat daun salam untuk kolesterol yaitu dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, cara penggunaannya sangat mudah, minum air rebusan daun salam rutin setiap hari minimal dua kali sehari.
Daun Salam Kering
                   6.  Mengobati Maag
Penyakit maag merupakan penyakit yang sering melanda orang yang sulit dan tidak teratur makan. Maag disebabkan oleh lambung yang mengalami peradangan atau luka sehingga mengakibatkan rasa sakit pada perut. Salah satu mengatasi penyakit ini adalah menggunakan daun salam sebanyak 16 – 20 lembar atau secukupnya yang telah dicuci bersih, kemudian rebus dengan ½ liter air dan gula merah secukupnya sampai mendidih. Saring dan minum air rebusan tadi dalam keadaan dingin secara rutin sampai maag yang Anda derita reda.
              7. Membantu Program Diet
Memiliki badan yang langsing dan proporsional merupakan dambaan setiap kaum hawa.  Sudah banyak cara yang ditempuh untuk mendapatkannya, sampai – sampai melakukan diet yang ketat. Namun, sudahkah Anda mencoba memasukkan daun salam ke dalam daftar menu diet Anda? Ya, daun salam dapat membantu program diet yang sedang Anda jalankan, karena di dalamnya terdapat kandungan enzim dan kaya akan serat sehingga membuat Anda tetap kenyang setiap saat. Cara membuatnya cukup mudah, pertama – tama siapkan daun salam sebanyak 30 lembar, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya rebus daun salam dengan 4 gelas air sampai didapat 2 gelas saja. Saring dan minum dalam keadaan dingin 2 gelas setiap hari sebelum tidur.
                   7. Mengatasi Batuk
Batuk merupakan penyakit yang bisa dikatakan dapat menyiksa si penderita. Hal ini dikarenakan adanya rasa sakit di tenggorokan yang sulit sekali hilang, apalagi batuk berdahak yang sulit sekali untuk keluar dan juga batuk kering yang dapat mengakibatkan si penderita muntah – muntah.  Nah, salah satu solusi untuk mengatasi itu semua adalah dengan menggunakan daun salam. Caranya, siapkan bahan – bahan yang terdiri dari 7 lembar daun salam yang kering, 3 sendok makan madu dan 1 buah jeruk nipis atau bisa juga menggunakan jeruk lemon. Kemudian, rebus daun salam yang sudah dicuci terlebih dahulu dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Saring dan tambahkan madu dan perasan jeruk nipis tadi, lalu minum dalam keadaan dingin sampai batuk Anda reda. Semoga batuk yang Anda derita segera sembuh.
                                      8. Sebagai obat untuk kencing manis
Manfaat daun salam yang lainnya adalah untuk mengobati gejala kencing manis alias diabetes. Jika anda memiliki penyakit yang satu ini, ada baiknya anda mencoba pengobatan secara tradisional atau herbal dengan hanya memanfaatkan daun salam. Caranya adalah:
  • Ambil kurang lebih 15 lembar salam dan cucilah sampai bersih.
  • Kemudian rebus lah daun tersebut dengan menggunakan air sebanyak maksimal 3 gelas dan tunggulah sampai mendidih, ketika air tersebut mendidih secara otomatis air tersebut akan berkurang.
  • Lalu tunggulah rebusan air tadi sampai dingin, setelah dingin minumlah air rebusan tersebut.
  • Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat yang maksimal, buat dan minumlah air tersebut secara teratur dan rutin.
 9. Memutihkan gigi
Selain dapat digunakan sebagai obat herbal, daun salam juga dapat dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Untuk memperoleh kegunaan dan manfaat dari daun salam ini, anda harus melakukan hal berikut:
  • Sediakan bahan-bahan yang di perlukan, seperti kulit jeruk dan daun salam.
  • Setelah itu jemurlah kedua bahan di atas sampai layu dan kering.
  • Kemudian setelah semua bahan tersebut kering tumbuk lah campuran bahan di atas lalu beri air secukupnya. Aduk sampai rata hingga membentuk pasta.
  • Langkah yang terakhir ialah gosok lah gigi anda dengan pasta tersebut. Lakukan hal ini secara teratur setiap hari untuk mendapatkan gigi yang putih dan berkilau.
                         10.Untuk mencegah penyakit jantung
Daun salam ternyata kaya akan nutrisi serta berbagai senyawa salah satunya ialah salisilat yang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung anda. Bagi anda yang gemar memasukkan daun salam ke dalam masakan anda sebagai penyedap masakan maka akan mempunyai resiko yang sangat rendah mengidap penyakit jantung. Nah, karena hal tersebutlah sebaiknya anda perbanyak mengkonsumsi masakan yang mengandung daun salam ini agar anda terhindar dari terserang nya penyakit yang sangat mematikan ini.
Daun Salam

Demikian paparan tentang khasiat daun salam yang bisa saya temukan dari berbagai sumber. Cukup banyak bukan khasiat atau manfaat yang dapat anda peroleh dari daun salam tentunya. Bagi anda yang sekarang tengah mengidap berbagai penyakit seperti penyakit yang sudah di sebutkan di atas, ada baiknya anda mencoba ramuan herbal dari penggunaan daun salam tersebut, karena dengan anda mengobati penyakit anda secara alami, maka akan terhindar dari segala resiko yang ditimbulkan oleh obat yang dijual di apotek.

Kembali sehat kembali ke alam.
 terimakasih

Comments

Popular posts from this blog

JAHE : Kandungan Kimia dan Manfaatnya

CERES/KRESEN/TALOK : TANAMAN PERDU BERIBU MANFAAT DAN KHASIAT UNTUK KESEHATAN

JADWAL SAMSAT ONLINE DIKOTA SEMARANG