CERES/KRESEN/TALOK : TANAMAN PERDU BERIBU MANFAAT DAN KHASIAT UNTUK KESEHATAN



Tanaman Talok atau Ceres


Buah kersen merupakan buah yang keberadaannya sering kita jumpai di mana-mana. Buah ini memiliki banyak nama seperti ceres, ceri, talok dsb. Biasanya banyak tumbuh di pinggir jalan, retakan dinding, halaman rumah, bahkan di kebun-kebun. Buah kersen sering disebut buah
talok. Buah kersen memiliki pohon yang dapat berbuah sepanjang tahun. Pohon kersen memiliki cabang-cabang mendatar, menggantung di ujungnya, sehingga membentuk naungan yang rindang. Oleh sebab itu banyak digunakan sebagai peneduh jalan dan pekarangan rumah. Buah kersen pada umumnya kurang dimanfaatkan oleh sebagian orang. Hal ini disebabkan banyak orang yang belum mengetahui kandungan dalam buah kersen. Menurut Gemilang (2012), dalam 100 g buah kersen mengandung komposisi senyawa antara lain:
Komposisi Berat
Air                   77800 mg
Protein             384 mg
Lemak             1560 mg
Karbohidrat     17900 mg
Serat                4600 mg
Abu                 1140 mg
Kalsium           124,6 mg
Fosfor              84 mg
Besi                 1,11 mg
Karoten           0,019 mg
Ribofalin         0,29 mg
Niacin              0,554 mg
Vitamin           C 80,5 mg
Nilai energy     380000 J/100000 mg
Banyaknya komposisi senyawa yang terdapat dalam buah kersen, membuat buah kersen berkhasiat sebagai obat, antara lain: menurunkan panas, menghambat perkembangan sel kanker, dan mengobati asam urat. Berdasarkan penelitian Tyas Eka Verdayanti (2009), bahwa jus buah kersen berengaruh terhadap penurunan kadar glukosa darah, perlakuan terbaik yang mampu menurunkan kadar glukosa darah adalah jus buah kersen dengan dosis 4 ml. Vitamin C yang terdapat dalam buah kersen juga bermanfaat bagi kesehatan, antara lain: untuk menangkal sel-sel rusak akibat radikal bebas dan menghambat penuaan dini. Berdasarkan penelitian Nurkhasanah (2013), bahwa uji organoleptik dan kandungan vitamin C terhadap selai belimbing wuluh yang ditambahkan buah kersen dan bunga rosella, menunjukkan bahwa kandungan vitamin C tertinggi yaitu perlakuan R2K2 (penambahan 100 g buah kersen dan penambahan 100 g bunga rosella) sebanyak 672,88 mg. Buah kersen sebagian besar mengandung air, sehingga buah ini tidak
dapat dikonsumsi dalam waktu yang lama setelah dipetik. Supaya dapat menambah ketahanan buah kersen, perlu adanya inovasi dalam pemanfaatan buah kersen. Salah satunya dibuat sebagai bahan baku dalam pembuatan selai. Selai adalah salah satu jenis makanan awetan brupa sari atau buahbuahan yang sudah dihancurkan, ditambah gula, dan dimasak hingga kental atau berbentuk setangah padat. Menurut Khairunnisa (2011), selai buah adalah awetan buah yang memiliki tekstur kental, bahkan setengah padat. Selai dan roti adalah makanan yang umum dikonsumsi masyarakat sebagai makanan pengganti nasi dipagi hari. Selai merupakan makanan yang gemar
dikonsumsi mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua, karena aroma buahnya yang segar dan rasa buahnya
Tanaman Ceres atau Talok
 

1. Antibakteri

Sifat antibakteri buah kersen ini snagat bermanfaat untuk tubuh kita. Dengan demikian tubuh kita menjadi lebih kuat dari serangan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit tertentu. Para peneliti menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat dalam buah kersen.

2. Antioksidan

Selain antibakteri, buah kersen juga mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Antioksidan bertugas untuk menguatkan sistem imun tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

3. Antiseptik

Rebusan daun kersen dapat membunuh mikroba atau bisa digunakan sebagai antiseptik. Daun kersen terbukti bisa membunuh bakteri, termasuk: C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. Rhizophil. Sifat anti-bakteri itu berasal dari senyawa yang terkandung dalam daun kersen, seperti tanin, flavonoid dan saponin.

4. Anti-inflamasi

Rebusan daun kersen juga memiliki sifat anti-inflamasi (anti-peradangan) dan juga dapat menurunkan demam.

5. Anti-tumor

Daun kersen juga dilaporkan memiliki efek anti-tumor. Kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.


Buah Talok atau Ceres

6. Mengobati asam urat

Di Indonesia, buah kersen sering digunakan untuk mengobati asam urat. Buah kersen juga terbukti dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat.

7. Melindungi jantung

Ekstrak daun kersen juga diketahui dapat melindungi miokardium yang berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium.

8. Kram perut

Bunga kersen dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik dan untuk mengobati kram perut. Anda hanya perlu merebus buang kersen dan meminum airnya.

9. Anti-kanker

Salah satu studi menemukan adanya sifat anti-kanker pada pohon kersen, dengan ditemukannya flavonoid sitotoksik baru pada akar kersen.
10.Hipertensi
Jemur daun kersen sampai kering, seperti kita membuat teh. Setelah daun kering seduh secukupnya dengan air putih panas untuk satu gelas kecil. Tunggu beberapa saat hingga air putih berubah seperti air teh. Minum dua kali sehari.
11. Antidiabetes
Gunakan 50-100 gram daun kersen yang telah dicuci bersih dan rebus dalam seliter air hingga mendidih dan tersisa separuhnya. Hasil rebusan itu minum dua kali sehari. Jika menggunakan ekstrak daun kering, 2-5 gram  seduh dalam 200 ml air
12. Kolesterol
Rebus 1-2 gengam daun talok segar dengan tiga gelas air. Sisakan air rebusan hingga tinggal satu gelas dan minum ramuan itu secara teratur tiga kali sehari.
  
Buah Talok atau Ceres







 Selain, 12 manfaat di atas, buah kersen juga dapat mengatasi berbagai penyakit, seperti: 
  1. Meredakan gejala flu
  2. Mengatasi kejang atau kaku di bagian saluran pencernaan akibat gastritis dan diare
  3. Menurunkan tekanan darah tinggi
  4. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak  mudah sakit
  6. Meredakan sakit kepala
  7. Kandungan air pada buah kersen dapat mengembalikan kelembaban alami kulit sehingga kulit akan terus terlihat segar
  8. Mencegah dan menyembuhkan batuk

Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan

Tanaman buah kersen tak hanya bermanfaat di bagian buahnya saja. Daun tanaman kersen juga tak kalah berkhasiatnya dengan buah kersen. Daun tanaman kersen dapat diolah menjadi teh yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh.
Cara pembuatannya cukup tidak sulit, cukup dengan mengeringkan daun kersen lalu seduh dengan air panas. Air panas yang tadinya bening akan berubah seperti air teh pada umumnya. Silahkan anda minum sehari dua kali untuk menurunkan tekanan darah tinggi, bagi yang menderita hipertensi.

Comments

Popular posts from this blog

JAHE : Kandungan Kimia dan Manfaatnya

JADWAL SAMSAT ONLINE DIKOTA SEMARANG